Text
Potret dinamika Pendidikan agama Tingkat Menengah Keatas di Indonesia
Secara umum tugas dan fungsi manajer dalam melaksarnnakan tugasnya adalah merencanakan seluruh programrnkerja lembaga pendidikan secara konseptual. Sebagairnpembuat rencana dan sekaligus pengambil keputusanrnterhadap seluruh rencana yang telah dirumuskan danrnditetapkan, ketegasan mengambil keputusan sangat penting.rnPenerapan manajemen yang demokratis dan pelaksarnnaan program yang bermutu diperlukan kepala sekolahrnyang berorientasi pada mutu dan pemberdayaan seluruhrnpotensi. Keterkaitan semua unsur dalam organisasi memrnpunyai tanggung jawab yang kelas, dan mempunyai visirnyang jelas tentang masa depannya, memahami programrndan mampu melaksanakannnya. Pada lembaga pendirndikan ditemukan banyak orang dalam struktur organisasi,rntetapi tidak melaksanakan higas sesuai kewenangan danrnprmsip-prmsip pengorganisasian. Untuk itu diperlukanrnkemampuan pemimpin dalam memotivasi, mendorong,rnmenggalang, mengarahkan, membimbing, mensurvisirnseluruh pendidik dan tenaga kependidikan sehinggarndapat melaksanakan kebijakan dengan benar.rnPosisi seorang manajer memegang peranan pentingrndalam perkembangan lembaga pendidikan. Jiwa kepernmimpinan (manajer) dipertaruhkan dalam prosesrnpembinaan bagi tenaga pendidikan dan non kependidikanrndalam Iingkup lembaga pendidikan khususnya.rnc. Kompetensi KewirausahaanrnKata wirausaha terdiri dan dua kata yaitu, wira yangrnberarti kesatria, pahiawan, pejuang, unggul, gagah berani,rnsedangkan kata usaha yang berarti bekerja, melakukanrnsesuatu. Dengan demikian pengertian dan wirausaharnditinjau dan segi arti kata adalah orang tangguh yangrnmelakukan sesuatu.1°
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain