Text
Penilaian Autentik
Profesionalisme guru dan waktu ke waktu semakin dituntut seiring dengan kebutuhanrnpendidikan yang bermutu, Dalam konteks ¡tu salah satu variabel utama dalamrnmeningkatkan mutu pendidikan adaiah guru. Hal mi dikarenakan gurulah yang ada dirngarda terdepan yang langsung berinteraksi dengan peserta didik di kelas. Oleh karena ¡tu,rnguru dituntut untuk menguasai dan terampil pada hal-hal yang berkaitan dengan tupoksirnguru. Salah satu tupoksi guru yang sangat penting adalah keterampilan melakukanrnpenilaian hash belajar peserta didik. Dengan penilalan guru bisa melakukan refleksi danrnevaluasi terhadap kualitas pembelajaran yang telah dilakukan dan sekaligus mendapatkanrn¡nformasi tentang tingkat pencapalan kompetensi peserta didik yang meliputi komrnpetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.rnBerangkat dan hal di atas mendorong penulis untuk menghadirkan buku yang khususrnmembahas tentang penilalan secara komprehensif dengan pendekatan praktis. Artinyarnpembahasan dilakukan sepraktis mungkin sesuai dengan kebutuhan guru di lapanganrndengan disertai contoh-contoh instrumen penilaian yang aplikatif. Dengan demikian,rnmemudahkan pembaca untuk memahami dan mencerna sekaligus menerapkan penilaianrnautentik dalam menjalankan tugas keprofesionalan sebagai guru sebagaimanarnditekankan dalàm kurikulum 2013. Tanpa bermaksud “menggurui” kehadiran buku ¡nirnmenjadi salah satu bahan bagi guru, kepala sekolah, pengawas, calon guru, danrnmasyarakat yang mencíntai dunia pendidikan dalam mendalami dan meningkatkanrnketerampilan melakukan penilaian hasil belajar peserta didik secara profesional.rnBuku mi memadukan pendekatan teoretis dan praktis dengan contoh-contoh instrumenrnpenilaian yang bisa dijadikan model oleh guru di lapangan. Dengan pengalaman penulisrnsebagai guru dan kini menjadi widyaiswara serta dosen menjadikan si buku ini lebihrnkomprehensif memadukan antara teoretis dan praktis. Penulis sebagai alumni DoktorrnProgram Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan dosenrnmemperkuat teori-teori penilaian dalam buku ini. Sedangkan pengalaman sebagai gururndan kini sebagai widyaiswara di LPMP DKI Jakarta Departemen Pendidikan danrnKebudayaan yang selalu berinteraksi dengan guru, kepala sekolah dan pengawas dalamrnkegiatan pelatihan memperkuat hal-hal praktis dalam buku ini:rnSelamat membaca!
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain