Text
Perspektif Manajemen Pengetahuan Imformasi, Komunikasi, Pendidikan dan perpustakaan.
Secara keilmuan, manajemen pengetahuan merupakan topik yang menarik untuk dikaji, terutama jika sudah dilihat dan aspek praksisnya dan implementasinya di berbagai organisasi dan atau lembaga perusahaan yang mendudukkan pengetahuan sebagai faktor dominan untuk pengembangan organisasi dan anggota-anggotanya. Di kelembagaan pendidikan, terutama di tingkat pendidikan tinggi, misalnya, langsung maupun tidak langsung, aspek praktik manajemen pengetahuan terlibat di dalamnya. Kegiatan pembelajaran terprogram, diskusi terstruktur, sharing informasi terjadwal, dan kegiatan pembelajaran lainnya yang terjadwal di dalam kelas dan di luar kelas, adalah contohnya. Praktik-praktik manajemen pengetahuan di lingkungan pendidikan tinggi tampak jelas dalam bentuk pembelajaran di hampir setiap ruang kelas dan ruang-ruang akademik lainnya seperti di laboratorium, di perpustakaan, di bengkel kerja, dan di pusat sumber belajar bersama. Di ranah manajerial pun tampak lebih mengedepankan diskusi, rapat,presentasi, focus group discussion, dan brainstorming dalam rangka pengambilan suatu keputusan organisasi. Akhirnya, konsep manajemen pengetahuan dalam taraf tertentu sama dengan konsep manajemen informasi yang dikembangkan oleh kajian ¡Imu informasi dan perpustakaan. Buku ¡ni bermanfaat terutama bagi mahasiswa peminat bidang ilmu informasi dan perpustakaan, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah seperti: Manajemen Pengetahuan, Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Filsafat Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Manajemen Sistem Perpustakaan, Referens, dan mata kuliah lain yang relevan. Karena teknik pembahasannyarnbersifat umum dan praktis, maka para peminat bidang ilmu lain yang relevan pun bisa menggunakan buku ini sebagai tambahan wawasan pengetahuan dan informasi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain