Text
Pengembangan Kurikulum Teori & Praktek
Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusiarn(human resources) yang dimiliki bangsa itu. Pendidikan, dalam hal ini, memilikirnperanan strategis dalam menciptakan sumber daya manusia yang diharapkan,rnsebagai proses menuju ‘cita-cita’ pembangunan nasional—yakni menciptakanrnanak didik yang cerdas, berkepribadian, beriman, bertakwa dan berketerampilan.rnMereka juga diharapkan dapat beradaptasi dan berkompetitif di tengahrnpergaulan dengan bangsa lainnya.rnBagi pendidik, kurikulum sesungguhnya tidak hanya dipahami sebagai suaturnteks, maten, rencana dalam menjalankan profesi sebagai pengajar dalamrnpembelajaran di kelas. Lebih dan itu, keberadaan kurikulum merupakanrnkeniscayaan bagi institusi pendidikan agar dapat mewujudkan cita-cita danrntujuan mulia pendidikan nasional, di mana output-nya diharapkan mampurnmenjawab berbagai kebutuhan masyarakat sesuai dengan tuntutan zamannya.rnMengingat masyarakat selalu dinamis dan tidak statis, tantangan duniarnpendidikan pun semakin dinamis. Sejalan dengan itu, suatu hal yang Iumrah bilarnkurikulum pun sering mengalami perubahan sebagai respons terhadap upayarnpemenuhan kebutuhan masyarakat. Sejarah perkembangan kurikulum di tanahrnair pun telah tenjadi perubahan beberapa kali, yang terbaru adalah perubahanrnKTSP ke K 2013. Dalam buku ini, karenanya, tidak hanya mengungkapkanrnpengembangan kurikulum dan segi konsep-konsep, teori-teori, tetapi jugarnkronologis atas perubahan kunikulum pendidikan nasional sejak pra-kolonial, erarnkemerdekaan, dan era reformasi.rnBuku ini diharapkan pula tidak hanya dapat membeni tambahan literaturrnbertalian dengan pengembangan kurikulum yang dirasakan sangat terbatasrnselama ini, tetapi diharapkan pula dapat mewarnai dan memperkaya khazanahrnintelektual pengembangan pendidikan di Indonesia. Bagi pendidik (guru, dosen)rndiharapkan dapat menambah sumber-sumber yang terbatas selama ini dalamrnupaya mempermudah dalam proses pembelajaran dan perkuliahan. Agaknya,rnbuku ini ditujukan pula kepada mahasiswa Si, S2, dan S3 di kalangan ilmurnpendidikan dan praktisi pendidikan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain