Text
Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar
Kehidupan manusia akan selalu dibarengi dengan proses interaksi dan kornunikasi yang merupakan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Dañ berbagai bentul interaksi terdapat istilah interaksi edukatif, yaitu proses timbal-balik yang bertujuan untuk mendewasakan anak didik agar nantinya dapat menemukan jati dirinya secara utuh. Untuk memahami pengetahuan tentang interaksi edukatif, secara khusus dikenalrninteraksi belajar-mengajar yang titik penekanannya pada motivasi. Motivasi inilah yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu kegiatanatau pekerjaan; begitu juga untuk belajar. Hasil belajar akanrnmenjadi optimal jika ada motivasi Dengan motivasi pelajar dapat mengembangkan aktívitas dan inisiatif, dapat mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Karena itu sangat penting terbinanya hubungan yang bersifat edukatif antara guru dan siswa. Peran guru tidak hanya mengajar"( transfer of value ) "Mendidik"disini diartikan lebih konprehensif, sebagai usaha untuk membina diri anak didik secara utuh, baik matra kognitif, psikomotorik,maupun afektif agar mereka tumbuh sebagai manusia manusia yang berkepribadian. Buku ini memberikan gambaran tentang bentuk interaksi digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Dengan interaksi tersebut, diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa untuk menunjukkan minat, inisiatif dan aktif dalam kegiatan belajar. Sehingga akan terbentuk komunikasi timbal-balik antara guru dan siswa. Dengan demikian, akan diperoleh hasil yang lebih baik bagi siswa yaitu tidak sekar pengetahuan tapi juga nilai-nilai yang bisa membentuk perkembangan pribadi siswa seutuhnya.rn_a -"
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain