Text
Pengawasan Pendidikan
Inspeksi, supervisi dan pengawasan pendidikan memiliki visi, misi, orientasi serta strategi dan cara kerja yang berbeda satu dengan lainnya, hal ini dibuktikan dan pemaparan konseptual kondisi objekif dan harapan ¡deal dan masing-masing keilmuan tersebut dan ketiga kajian di atas termasuk ke dalam rumpun keilmuan administrasi dan manajemen pendidikan. lnspeksi dimaknai sebagai sebuah tatanan kerja yang melibatkan pihak berwenang guna melihat, mengamati dan menindaklanjuti kegiatan umpan balik yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan pada tatanan mikro, messo dan makro dan boleh jadi bal ¡ni sebagai intormasi awal dalam pengambilan kebijakan berikutnya. Adapun supervisi merupakan rangkaian kerja yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan mempertimbangkan aspek legalitas, kualifikasi, sertifikasi dan kompetensi guru dalam mempersiapkan, melaksanakan, mengkoordinasikan serta menindaklanjuti kegiatan proses belajar dan pembelajaran yang dilakukan terhadap peserta didik. Sedangkan pengawasan pendidikan lebih menitikberatkan pada pengembangan profesionalisme guru, dan tentunya sistem pengawasannya dilakukan oleh pengawas pendidikan yang secara legal diberikan kewenangan untuk menangani masalah tersebut dengan mempertimbangkan aspek keadilan, pemerataan layanan dan penyebaran informasi yang akurat. lnspeksi pendidikan berkaitan erat dengan hal-hal yang berhubungan dengan terlaksananya produk hukum berupa perundang-undangan serta kebijakan terkait dengan perencanaan dan pengembangan program pendidikan, adapun supervisi pendidikan merupakan rangkaian kerja kepala sekolah yang bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja guru secara menyeluruh sedangkan pengawasan pendidikan lazim disebut dengan pengawasan sekolah, yakni hal mi berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi pengawas pendidikan di lapangan antara lain memberikan bantuan layanan terhadap permasalahan guru dalam melakanakan pembelajaran terhadap siswa sehingga dengan tertanganinya masalah tersebut maka diharapkan peningkatan profesionalisme guru tercapai. Buku pengawasan pendidikan menjelaskan berbagai macam kajian tentang bagaimana rekrutmen pengawas pendidikan, jenjang karier yang ditempuh dalam pengawasan pendidikan serta instrumen kerja pengawas pendidikan yang sebelumnya dibekali dengan berbagai kompetensi yang dimiliki oleh pengawas pendidikan, seperti mengacu pada Permen 12 tahun 2007 tentang Kompetensi Pengawas Pendidikan seperti kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademi, kompetensi evaluasi pendidikan dan kompetensi penelitian dan pengembangan.rnBuku ini menjelaskan aspek-aspek yang berhubungan dengan ketiga kajian keilmuan inspeksi pendidikas, supervisi pendidikan dan pengawasan pendidikan dan penekanannya adalah menjelaskan tentang pengawasan pendidikan, sehingga diharapkan para pembaca mampu memahami dan mendalami maten yang disajikan dalam buku ini, dan sasaran dan buku ini adalah mahasiswa jurusan administrasi penididikan, manajemen pendidikan SI, 52, dan 53 yang mengambil kajian keilmuan administrasi dan manajemen pendidikan, guru, dosen, pengawas pendidikan, tenaga kependidikan, peneliti bidang manajemen pendidikan dan administrasi pendidikan, widyaiswara seda para pengambil kebijakan dan stoke/wIdens pendidikan yang secara langsung dan tidak langsung terlibat dalam pengelolaan sistem pendidikan. Sekilas informasi tentang kegiatan penulis dipaparkan pula, yakni penulis adalah dosen jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia dan telah menyelesaikan beberapa tulisan antara lain: Metodologi Penelldon Pendidikon, Dasar-dasar Manajemen, Kepemimpinon Sekolah Unggul, Kurikulum Sekoloh Unggul,Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Unggul, Pembiayaan Sekoloh Unggul, sarana dan prasarana SekalahrnUnggul, Hubungan Masyarakat Sekolah Unggul, Manajemen Peserta Didik Sekolah unggul, Manajemen Personalia Sekolah Unggul sedang melakukan penelitian unggulan yang dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dana hibah dan universitas Pendidikan Indonesia juga dan kelembagaan lain. Penulis telah melakukan kunjungan, diskusi ilmiah, seminar bertaraf nasional dan internasional sebagai kegiatan tri darma perguruan tinggi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain