Text
Pengembangan Sumber Belajar
Kecepatan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni mendorong setiap orang terus menerus belajar sepanjang hayat. Untuk berbagai kemampuan/keterampilan ternyata lem baga pendidikan formal tidak dapat mengimbangi kecepatan perubahan yang terjadi di dunia usaha dan industri. Proses belajar untuk memperoleh pengetahuan (learning to know), meningkatkan keterampilan (learning to do), memiliki jati diri (learning to be), dan dapat hidup bersama secara damai dan tenteram (learning to live together) dapat dilakukan sesuai dengan kesempatan setiap individu. Untuk dapat melakukan ¡tu, setiap orang perlu memiliki keterampilan belajar: mengetahui apa yang harus dipelajari, bagaimana mempelajarinya, serta menggunakan sumber belajar apa saja. Lembaga pendidikan diharapkan memberikan dan mengembangkan keterampilan belajar setiap peserta didik/pemelajar sehingga menjadi pemelajar mandiri sepanjang hayat. Buku ini membahas bagaimana mengembangkan dan memanfaatkan anekarnsumber belajar yang ada di lingkungan lembaga pendidikan formal dan nonformal, mulai dan yang paling sederhana sampal pada yang berbasis teknologi. Gagasan-gagasan yang disampaikan dalam buku ¡ni merujuk pada prinsip-prinsip teknologi pendidikan yang menjadi kajian mahasiswa di pendidikan tinggi dan praktisi di dunia pendidikan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain