Text
Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif
TEKNIK PEMBELAJARANrnBAHASA ARAB INTERAKTIFrnBuku ¡ni terdiri dan tujuh Bab berbicara tentang Teknik Pembelajaran Bahasa Arab lnteraktf Bab Pertama, mengkaji Konseptual Bahasa Arab mencakup: Terminologi Bahasa Arab; Urgensi Bahasa Arab; Fungsi Bahasa Arab; Karakteristik Bahasa Arab; dan Bahasa Arab Fusha dan ‘Amiyah. Berikutnya Bab Kedua, berbicara tentang Beberapa Pendekatan dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab meliputi: Pendekatan Struktural: Pendekatan Fungsional; Pendekatan Komunikatif; Pendekatan Berbasis Media; Pendekatan Humanistik; Pendekatan Aural Oral; serta Pendekatan Analisis dan Non Analisis, adapun metodologi pembelajaran bahasarnArab yang ditampilkan adalah Metode Gramatika-Tarjamah; Metode Langsung; Metode Membaca, Metode Aural Oral; Metode Campuran; Metode Komunikatif; Metode Analisis Konstrastif dan Metode Analisis Komparatif. Selanjutnya Bab Ketiga, mengekspresikan Beberapa Terminologi, Sistem dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab. Beberapa terminologi dimaksud, terdiri dan: Empat Keterampilan Berbahasa; Paftikulasi Bahasa Arab, Pendekatan (Approach/Madkhal); Metode (al-Thariqah); Teknik dan Media Pembelajaran. Sedangkan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab1 mencakup: Sistem Integrasi dan Sistem Separasi, berikutnya prinsip pembelajaran bahasa Arab terdiri dan: Prinsip Prioritas; Prinsip Akurasi; Prinsip Gradasi; Prinsip Motivasi dan Prinsip Validasi. Bab Keempat, mengungkapkan Teknik Pembelajaran Keterampilan dan Unsur Bahasa Arab, meliputi: Teknik Pembelajaran Keterampilan Menyimak: Keterampilan Berbicara: Keterampilan Membaca; Keterampilan Menulis; Teknik Pembelajaran Kosakata (Mufradat); Pembelajaran Gramatika; Pembelajaran Gramatika Fungsional; dan- Teknik Pembelajaran Bunyi Bahasa (al-A shwat). Sedangkan Bab Kelima, menampilkan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, mencakup: Tujuan dan Fungsi Evaluasi;rnBeberapa Prinsip Evaluasi Bahasa, Beberapa Kriteria Tes yang Baik; Jenis Tes Bahasa Berdasarkan Bentuknya; dan Evaluasi Kurikulum Skill Bahasa. Adapun Bab Keenam, menelisik Bahan Ajar Komunikatif Model al-Arabiyah Ba/na Yadaik,mencakup: Terminologi Bahan Ajar; Macam-macam Bahan Ajar; Kriteria Pemilihan Bahan Ajar; Model Bahan Ajar Bahasa Arab Komunikatif, berikutnya pembelajaran komunikatif terdiri dan: Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif; Desain Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif; Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif; Langkah-langkah Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif; danrnImplementasi Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif. Bab Terakhir buku ini memaparkan Teknik Pembelajaran lnteraktif Melalui Profesionalisme Dosen, meliputi: Profesionalisme Dosen Bahasa Arab; Teknik Pembelajaran Bahasa Arab lnteraktif; Empat Model Keterampilan Berbahasa Arab; Pengembangan Teknik Pembelajaran Unsur Bahasa; dan Pengembangan Teknik Pembelajaran Keterampilan Berbahasa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain