Text
Pengembangan kurikulum PAI di sekolah unggulan
pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan komponen penting untuk mencetak generasi bangsa yang berilmu, beriman, dan bertakwa. Hal ini sesuai dengan amanat konstitusi UUD 1945, bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Selama ini, kurikulum PAl dianggap baru sebatas mendidik peserta didik dalam aspek kognitif dan belum banyak menyentuh aspek afektif dan psikomotorik. ltu sebabnya,diperlukan pengembangan Kurikulum PAl yang mengakomodir aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga pendidikan tak hanya bersifat transfer of knowledge, melainkan juga transfer of value.rnDitulis dan hasil riset ilmiah, buku ini memaparkan model kurikulum PAl yang diterapkan di berbagai sekolah unggulan tingkat menengah pertama dan menengah atas di kawasan Indonesia bagian barat.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain