Text
Pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah unggulan
Sesuai amanat UUD 1945, pendidikan nasional bertujuan untuk memaksimalkan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam hal ini, orientasi pendidikan tidak boleh hanya menjadikan peserta didik mempunyai kecerdasan kognitif semata, melainkan juga kecerdasan afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, pendidikan karakter bagi peserta didik sangatlah penting. Tujuan pendidikan karakter adalah penyiapan kekayaan batin peserta didik yang berdimensi agama, sosial, dan budaya, yang mampu diwujudkan menjadi budi pekerti, balk dalam pikiran, perasaan, perkataan, sikap, perbuatan, dan kepribadian peserta didik.rnDitulis dan hasil riset ilmiah oleh Tim Peneliti Balai Litbang Agama Jakarta, buku di tangan pembaca ini mengulas proses dan model pendidikan karakter yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyahrnunggulan di beberapa daerah di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang dikemukakan dalam buku ini, setidaknya, dapat menjadi model bagi pelaksanaan pendidikan karakter di berbagai lembaga pendidikan Indonesia, utamanya di sekolah madrasah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain