Text
BIOLOGI
PRAKATArnOleh Neil A. CampbellrnMahasiswa biologi pada zaman ini sangat beruntung karena mereka berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat. Biologi telah melejit sebagai ilmu sentral. Biologi kini menjadi penghubung dan semua ilmu alam, dan merupakan persimpangan tersibuk yang mempertemukan ilmu alam, humaniora, dan ilmu sosial. Biologi telah menjadi berita sehari-hari. Kemajuan-kemajuan dalam bioteknologi, ilmu kesehatan, ilmu pertanian, dan pengawasan lingkungan hanyalah sebagian kecil dan kenyataan betapa biologi begitu mempengaruhi kehidupan masyarakat melebihi masa-masa sebelumnya. Biologi adalah ilmu yang mengundang inspirasi; biologi adalah ilmu yang penting. Kini kita semakin dekat menuju pemahaman mengenai bagaimana sel tunggal berkembang menjadi tumbuhan dan hewan, bagaimana pikiran manusia bekerja, bagaimana interaksi antarorganisme yang rakterhingga banyaknya berperan dalam pembentukan komunitas biologis, dan bagaimana ke hidupan yang begitu beragam di Bumi ini berevolusi dan mikroba yang pertama. Untuk mahasiswa dan pengajar biologi, dada masa lain yang seindah masa ini! Masa ini juga merupakan masa yang paling menantang untuk belajar dan untuk mengajar biologi. Ada suatu dualisme di smi: Benar bahwa ledakan informasi dapat membuat biologi modern begitu menarik; namun ledakan informasi yang sama juga dapat mengubur hidup-hidup mahasiswa di bawah timbunan ke limpahruahan fakta dan terminologi. Kebanyakan mahasiswa dalam kuliah pengantar masih belum menguasai konsep-konsep biologi yang dapat mereka gunakan untuk memilah-milah dan menempatkan berbagai hal baru yang mereka pelajari. Olehrnkarena ito, berbeda dengan masa lalu, sekarang ini sebuah buku biologi haros membantu mahasiswa mensinresis pandangan yang koheren mengenai kehidupan, yang akan melayani mereka dalam kuliah pengantar dan selama pendidikan mereka selanjutnya Buku BJOLOGJ ini telah merefleksikan keyakinan saya bahwa pendidikan adalah masalah “menghubungkan hal yang satu dengan hal yang lain.” Edisi kelima BIOLOGI ini dis usun berdasarkan dua tujuan utama edisi sebelumnya, yakni: membantu mahasiswa membentuk apresiasi konseptual tentang kehidupan (dalam konteks mengintegrasikan tema-temanya) dan memberi mahasiswa inspirasi unruk mengembangkan kesan yang lebih positif dan lebih realistis tentang sains sebagai aktivitas manusia. Nilai-nilai pengajaran itu berkembang, berevolusi di dalam ruang kelas, dan saya sangatrnpuas melihar bahwa pendekatan konseptual edisi ini dan penekanannya pada sains sebagai proses relab menjadikan biologi sebagai mata kuliah yang sangar menarik di berbagai belahan dunia. Adalah suatu kehormaran bagi saya untuk membantu para dosen menurunkan ilmu biologi kepada para mahasiswanya, namun kesuksesan buku itu juga membuat saya merasa lebih rerrunrut untuk meningkatkan kualiras buku demi melayani komunitas biologi lebih baik lagi. Maka, pada tahun 1996, ketika saya mulai merencanakan edisi kelima mi, saya mengunjungi lusinan kampus untuk mendengarkan hal-hal apa saja yang ada dalam benak para mahasiswa dan dosen mengenai kuliah biologi dan buku-buku teks yang mereka pakai. Percakapan yang saya lakukan dengan para pengajar dan mahasiswa rersebut telah membantu rerwujudnya edisi kelima BIOLOGI ini, yang sejauh ini merupakan revisi yang paling ambisius sepanjang sejarah buku ini! Penulis Pendamping Baru Sewaktu merencanakan pembuatan edisi kelima BIOLOGI ini, saya—sadar akan beratnya beban penyempurnaan yang mesti dilakukan—merasa sudah tiba saatnya untuk mencari bantuan pengarang pendamping. Biologi telah berkembang menjadi ilmu yang jauh lebih kompleks ketimbang pada waktu edisi pertama BIOLOGI direrbirkan pada tahun 1987. Namun demikian, dalam mengadaprasi pertumbuhan ilmu biologi pun saya tidak menginginkan buku ini tumbuh menjadi buku berukuran raksasa, atau buku yang menyerupai ensildopedia..Menambah isi buku bukanlah hal yang sukar, tetapi memuruskan apa yang harus dibuang ... benar-benar berat! Pembaharuan kepenulisan di seluruh buku akan memerlukan evaluasi ulang para spesialis berbagai cabang ilmo biologi. Evaluasi itu diperlukan agar mereka dapat menilai kondisi terkini dan bidang spesialisasi terkait, dan memuruskan hal-hal krusial mana saja yang paling layakrnuntuk dikupas secara mendalam pada buku yang masih termasuk dalam karegori buku pengantar ini. Dengan kemajuan biologi yang begitu mengagumkan di semua lininya, saya merasa bahwa seandainya saya tetap mempertahankan status saya sebagai pengarang tunggal, buku teks ini mungkin tidak akan dapat lagi menyampaikan integritas kependidikan dan akurasi ilmiah yang diharapkan oleh komunitas biologi.rnBegitu saya memutuskan unruk merekrut bala bantuan, dengan mudah terlintaslah nama kedua orang ini dalam benak saya: Jane Reece dan Larry Mitchell. Mengapa? Sebab mereka pernah lama bekerja sama dengan saya, sebagai kolaborator, dalam penyusunan buku Biology: Concepts and Con nections. Di samping itu, mereka pun sedikit banyak relah memberikan sumbangan bagi edisi BIOLOGI sebelumnya. Pengerahuan Dr. Reece dalam bidang genetika dan biologi molekuler, dan keahlian Dr. Mitchell dalam bidang zoologi dan ekologi, melengkapi latar belakang saya dalam bidang botani dan biologi sel. Lebih dan itu,rnJane dan Larry memiliki komitmen yang sama dengan saya yakni ‘getting it right” (melakukan penyampaian dengan cara yang tepar) dan mcmberikan yang terbaik demi menghasilkan impak positif pada pendidikan biologi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain