Text
Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar
Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai denganrntujuan pengajaran? ApaIah fluai yang diperoleh sswa ¡tu benar-benar obrnjektif dan representatif, artinya menggambarkan hash yang dlperolehnyarnsetelah mengalami proses belajar? Apakah proses belajar-mengajar surndah cukup efisien dan produktif? Jika belum, apa saja yang masih mernmerlukan perbaikan dan penyempurnaan?rnSemua pertanyaan ¡tu — dan tentunya maslh banyak ¡ertanyaan lainrnnya yang lebih spesiflk — hany akan dapat terjawab jhI4a dilaksanakanrnsistem penilaian yang tepa:lv1emang, penyelenggaraan pendidikan danrnpengajaran belum lengkap jika tidak disèrtai penilalan, baiK tentang hasilrnyang dicapai setelah proses belajar-mengajar maupun tentang prosesrnbelajar-mengajarnya ¡tu send ¡ri.rnDr. Nana Sudjana, Kepala Pusat Penelitlan Pengajaran dan Pembidangrnan Ilmu Lembaga Penelitian IKIP Bandung serta dosen pada FakultasrnIlmu Pendidikan IKIP Bandung, dalam buku ¡ni membahas tentang pernnilaian hasil dan proses belajar-mengajar. Pembahasannya dilengkapi dernngan contoh-contoh dan studi kasus sehingga buku ¡ni dapat berfungsirnsebagai buku petunjuk yangpraktis bagi para guru dan calon guru.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain