Text
Kepuasan Jamaah Haji Terhadap Kualitas Penyelenggaraan Ibadah haji Tahun 1430 H/ 2009 M
Menurut sebagian jemaah haji tanah air, perjalanan haji mampu menumbuhkan sensasi unik dan kesan spiritual yang menghunjam jauh dalam lubuk hati individu pelakunya. Perasaan tersebut tidak dapat diuraikan dengan kata untuk menampung sensasi dan kesannya sepulang dan pelaksanaan ritual suci ¡tu. Tapi benarkah mereka senang dan puas?. Bukankah banyak laporan dan pengawas (termasuk DPR), pemerhati, pemeriksa, kritikus dan LSM melalui berbagai media menunjukkan kenyataan adanya berbagai keluhan akibat kekurangan dan kelemahan yang terjadi dalam penyelenggaraan haji sehingga derita dalam berbagai skala nyata-nyata telah menimpa sejumlah jemaah?. Kalaupun puas, seberapa puaskah? Apanya yang membuat mereka puas? Puas dalam arti apa? Disebabkan oleh adanya fakta bahwa perjalanan haji sudah menjadi “komoditas” (bisnis) yang ditawarkan di “bursa” pelayanan haji, maka aspek ekonomi menjadi issue yang menyeruak. Besaran harga yang harus dibayar oleh jamaah lalu dikaitkan dengan tuntutan atas kualitas penyelenggaraan yang tersedia dan terlaksana. Sudah sesuaikah uang yang dikeluarkan dengan kualitas pelayanan yang diterima?, puaskah jamaah dengan pelayanan penyelenggaraan itu?. itulah beberapa pertanyaan yang dipaparkan dalam buku ini.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain