Text
Bahasa Indonesia
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan 2006 menjadi acuan bagi pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Standar Isi 2006, khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, sebenarnya merupakan penyempurnaan dokumen KBK 2004. OIeh karena itu, tidak ada perbedaan yang mendasar antara Standar Isi 2006 dengan dokumen KBK 2004. Karena tidak ada perbedaan mendasar antara Standar Isi 2006 dengan dokumen KBK 2004, maka pengembangan bukunya juga tidak mengalami perubahan yang berarti. Buku ¡ni Iebih merupakan penyesuaian maten dan buku edisi sebelumnya terhadap tuntutan Standar Isi 2006. Pola penyajian buku ¡ni menggunakan pendekatan tematik dan kontekstual. Artinya, pembelajaran dimulai dan tema tertentu, kemudian dijabarkan dalam komponen mendengarkan, berbicara, menulis, membaca, kebahasaan, dan apresiasi sastra. Melalui pendekatan tematik dan kontekstual secara bertahap, siswa akan mengalami, mengetahui, dan menikmati hal-hal yang berhubungan dengan bahasa. Dengan demikian, aspek-aspek kebahasaan utama, yaitu mendengarkan atau menyimak, berbicara atau menirukan, serta membaca dan menulis akan tenlaksana dengan baik. Penyajian buku ini juga menggunakan pendekatan lingkungan (bahan diambil dan lingkungan terdekat anak), komunikatif, dan imajinatif. Dengan pendekatan ¡ni diharapkan siswa terus termotivasi mengembangkan kemampuan berbahasanya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain