Text
Paradigma Pendidikan Demokratis
Reformasi bidang pendidikan Indonesia ditandai dengan perubahan radikal pada alur kebijakan pendidikan nasional yang pada saat ini bertumpu pada dua hal: otonomi dan demokratisasi. Hal tersebut berarti semakin besar tanggung jawab yang diemban kepala sekolah dan guru terhadap kualitas sekolah dan semakin lebar peluang masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam penyusunan, pengembangan, dan pengimplementasian demokrasi dalam kurikulum. Buku yang ada di tangan Anda ini merupakan kajian pemikiran yang konsepsional akademis, teoretis, dan bahkan juga menyentuh dimensi praktiknya dengan harapan dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan sekolah secara demokratis. Tidak diarahkan untuk bersinggungan dengan aspek birokrasi pendidikan, buku ini memfokuskan pembahasannya kepada kajian evaluasi dan pengembangan kurikulum sekolah yang demokratis, proses belajar yang membelajarkan para siswa, serta pengelolaan sekolah yang partisipatif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain