MAN 2 LANGKAT

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Inovasi Kurikulum Berbasis Lokal Di Pondok pesantren
Penanda Bagikan

Text

Inovasi Kurikulum Berbasis Lokal Di Pondok pesantren


Pesantren sebagai lembaga pendidikan keagamaan telah berkiprah besar dalam pengembangan keilmuan keislaman “tradisional” dengan bingkai aswaja (Ahi al-Sunnah wa ai-Jamaah), disokong oleh moralitas yang luhur, yang disandingkan denqan kearifan lokal. Dalam bingkai itu, pesantren menyebarkan nilila1rersebut ke dalam masyarakat luas. Pada tataran inilah, maka sejatinya kita dapat melihat peran dan sumbangsih pesantren secara kongkrit dalam memberdayakan dan membangun solidaritas kebangsaan. Pesantren terus dinamis dan berubah dalam menyikapi perkembangan dan tuntutan zaman. Pada konteks demikian, pesantren tidak segan-segan melakukan berbagai inovasi yang adaptif terhadap modernitas. Lembaga pendidikan Islam tradisonal pesantren tidak luput dan ¡nteraksinya terhadap modernitas. Jika dahulu, pesantren seringkali diidentikkan dengan kaum “sarungan”, sebuah istilah yang cenderung prejoratif, karena pesantren sebagai pranata sosial dicurigai sebagai sarang stagnasi, kejumudan dan konservatisme. Ia menjadi penghalang bagi usaha-usaha pembaruan dan pembangunan. Namun, saat ¡ni sebutannya tidaklah demikian, pesantren sangat dinamis, cepat berubah, dan memiliki dasar-dasar kuat untuk menggerakkan perubahan yang diinginkan. Pesantren siap melakukan kolaborasi dalam menyambut modernitas. Dalam menyambut modernitas, salah satu inovasi yang terus dikembangkan adalah aspek kurikulum. Inovasi kurikulum dilakukan sebagai cara untuk mendialogkan kebutuhan pesantren dengan perkembangan zaman. Maka kemudian yang hadir adalah kurikulum inovatif berbasis kebutuhan lokal (pesantren). Pada tataran demikian, maka pesantren telah berusaha memainkan perannya sebagai lembaga pendidikan Islam alternatif yang membuka peluang adanya link and match. Tentu saja inovasi kurikulum ini juga dibarengi dengan pembaruan pemikiran yang membawa pada perlunya memposisikan warisan lama kajian kitab kuning- sebagai teman dialog modernitas yang memungkinkan masih ada potensi yang bisa dikembangkan dan warisan lama tersebut.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
671
Penerbit
8%.rnIndeks Keanekaragaman tin : CV. Pedoman Ilmu Jaya., 2008
Deskripsi Fisik
xxxiii, 142 hlm., 20,5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-979-9099-50-1
Klasifikasi
Pendidikan/ Ilmu Pengetahuan Sosial
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Susanto, M.A.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

MAN 2 LANGKAT
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?