Text
Pendidikan Berbasis Realitas Sosial
sistem sosia! dimana pendidikan diselenggarakan. Karenanya menjadirnrelevan bila dikatakan bahwa mengeluarkan masyarakat dan sistemrnatau struktur yang bermasalah menjadi tidak bermakna apa-aparnketika pendidikan tidak berupaya untuk menjelaskan kepadarnmasyarakat tentang bagaimana sistem dan stnuktur sosial iturnmemunculkan masalah.rnBuku yang ditulis oleh Findaus M Yunus, seorang berusaha unmkrnmenjadi ‘penulis’ ini adalah salah satu buku yang berusaha memotretrnrealitas pendidikan di Indonesia sekaligus menunjukkan betapa penrntingnya pendidikan hadap masalah menjadi paradigma pendidikan.rnDengan mengangkat seorang pakar pendidikan yang cukup monurnmental Paulo Freire dan pelaku pendidikan yang ‘santun’ tapi penuhrndengan energi YB Mangunwijaya, buku ini berusaha menjelaskan be-rntapa pendidikan hadap masalah adalah keharusan sejarah dalam pernnyelenggaraan pendidikan di mana pun, termasuk Indonesia.rnPendidikan hadap mas alaha atau problem passing education adalahrnupaya untuk meletakkan pendidikan pada kerangka dasar untuk mernlibatkan anak didik dalam problematisasi yang dihadapi tenus-mernnerus akan situasi eksistensial mereka. Langkah pertama yang mungrnkin bisa dijalankan adalah mengintegrasikan problem-problem eksisrntensial kemanusiaan sekaligus kemasyarakatan kedalam pendidikan.rnPelajaran ‘membaca’ misalnya, tidak hanya diarahkan pada pengenalrnan atas huruf-hunuf melainkan juga pengenalan atas dunia yang dilanrnda masalah. Membaca berarti tidak hanya niengenal ‘kata-kata’, mernlainkan juga dunia. Pemberian contoh (klasik) tentang teoni atau rurnmus-rumus dalam sebuah pelajaran misalnya, seharusnya diimbangirnjuga dengan bukti-bukti empinik, sekaligus bagaimana teoni atau ru-rnmus itu dapat bekerja.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain