Text
Paradigma Baru Pembelajaran Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah
Thomas Samuel Kuhn (1922-1996), sejarahwan dan filosof sains Amerika Serikat, dalan, karyanya The Structure of Scientific Revolution mengatakan bahwa perubahan perubahan dalam ilmu dan peradaban manusia diawali dengan pergeseran paradigma (paradigm shift). Paradigma adalah pandangan-pandangan yang mendasar tentang segala sesuatu. Apabila pandangan-pandangan dasar ini bergeser, banyak hal dalam ilmu dan peradaban manusia jadi berubah. Di dunia pendidikan dan pembelajaran pun telah terjadi pergeseran paradigma. Ada beberapa pergeseran paradigma yang bisa kita catat. Pertama, pandangan kecerdasan tunggal bergeser jadi kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Kedua, pergeseran dan behaviorisme ke konstruktivisme dalam pendidikan. Ketiga, peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK, Information and Communication Technology) menjadi sangat penting dalam aktivitas pembelajaran. Pergeseran paradigma-paradigma dalani pendidikan dan pembebelajaran inilah yang patut diindahkan untuk mengembangkan metodologi-metodologi pembelajaran yang baru. Pendekatan contextual teaching-learning (CTL), misalnya, diturunkan dan paradigma-paradigma baru di atas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain