Text
Pengembangan Sumber Belajar
Kecepatan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni mendorong setiap orang terus menerus belajar sepanjang hayat. Untuk berbagai kemampuan/ keterampilan ternyata lembaga Pendidikan formal tidak dapat mengimbangi kecepatan perubahan yang terjadi di dunia usaha dan industri. Proses belajar untuk memperoleh pengetahuan (learning to know), meningkatkan keterampilan (learning to do), memiliki jati diri (learning to be), dan dapat hidup bersama secara damai dan tenteram (learning to live together) dapat dilakukan sesuai dengan kesempatan setiap individu, Untuk dapat melakukan itu, setiap orang perlu memiliki keterampilan belajar : mengetahui apa yang harus dipelajari, bagaimana mempelajarinya, serta menggunakan sumber belajar apa saja. Lembaga pendidikan diharapkan memberikan dan Pengembangkan keterampilan belajar setiap peserta didik/pemelajar sehingga menjadi pemelajar mandiri sepanjang hayat. Buku ini membahas bagaimana mengembangkan dan memanfaatkan aneka sumber belajar yang ada di Iingkungan lembaga pendidikan formal dan nonformal, mulai dan yang paling sederhana sampai pada yang berbasis teknologi. Gagasan-gagasan yang disampaikan dalam buku ini merujuk pada prinsip-prinsip teknologi pendidikan yang menjadi kajian mahasiswa pendidikan tinggi dan praktisi di dunia pendidikan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain