Text
Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia
Pendidikan —dalam arti yang luas, memegang peranan sangat strategisrndalam setiap masyarakat dan kebudayaan. Suatu masyarakatrnmempunyai keteraturan yang diikat oleh sistem nilai yang hidup dalamrnkebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu. Kebudayaarì adalahrnjiwanya suatu masyarakat, karena kebudayaan itulah yang menghidupirnmasyarakat dengan nilai-nilai yang dirnilikinya. Nilai-nilai itulah yangrntelah hidup, menghidupi, dan m engarahkan kehidupan masyarakatnyarnkini dan masa depan. Kebudayaan adalah suatu kekuatan, élan vitalrnsuatu masyarakat, karena didukung oleh pribadi-pribadi yang dinamisrnsebagai aktor-aktor kebudayaan. Aktor-aktor tersebut dikembangkanrndan dibina oleb proses pendidikarì. Tidak mengherankan apabilarnpendidikan menjadi ajang rebutan dalam masyarakat modern, karenarnlembaga-lembaga pendidikan adalab dapur masa depan suaturnmasyarakat dan bangsa. Lembaga-lenibaga pendidikan menjadi arenarnperebutan pengaruh dan kelompok-kelompok masyarakat untukrnkepentingan kelompoknya.rnPendidikan, masyarakat, kebudayaan, merupakan suatu tripartitrntunggal di mana kebudayaan merupakan dasarnya, masyarakatrnmenyediakan sarana, dan proses pendidikan merupakan kegiatanrnuntuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai yang mengikat kernhidupan bersama dalam masyarakat. Dengan demikian, pendidikanrntidak dapat dilepaskan dan kebudayaan dan masyarakat sebagairnpemulik kebudayaan itu.rnKebudayaan nasional Indonesia, yang telab ada atau yang sedangrnkita bentuk, haruslah menjadi dasar pendidikan nasional kita.rnPendidikan nasional hanya dapat hidup dalarn realitas kehidupanrnmasyarakat kita yang bhinneka. Kebijakan-kebijakan pendidikanrnnasional kita haruslah bertolak dan premis ini.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain