Text
Public Relation Dalam teori Dan Praktek
KEGIATAN public relations atau hubungan masyarakat (suaturnterjemahan dalam bahasa Indonesia) sejak dekade 70-anrntelah berkembang pesat sejalan dengan berkembangnya kerngiatan ekonomi, bisnis/perdagangan, industri, dan moneterrnperbankan di Indonesia, yang membutuhkan jasa-jasa inforrnmasi dan komunikasi. Bahkan kegiatan public relations dirnIndonesia telah merasuk memasuki bidang kegiatan lainrnyang lebih luas lagi, yaitu bidang politik/pemerintahan danrnsosial-budaya, serta pertahanan-keamanan dalam era pemrnbangunan nasional.rnUntuk mendukung perkembangan public relations di Inrndonesia baik sebagai konsep/teori dan ilmu maupun untukrnpembinaan profesional telah berkembang pula lembagarnlembaga pendidikan dan pelatihan khusus yang mendidikrntenaga-tenaga di bidang komunikasi dan public relations pa-rnda tingkat akademik di berbagai perguruan tinggi ataurnuniversitas maupun pendidikan dan pelatihan yang bersifatrnkursus-kursus singkat untuk mendidik tenaga terampil dirnbidang public relations. Upaya ini ternyata memperolehrnmemperoleh sambutan dan kalangan masyarakat luas.rnDi samping itu berbagai seminar, simposium, diskusi,rndan lokakarya telab banyak pula diselenggarakan oleh pernmerintah maupun kalangan swasta sendiri untuk pengrnkajian dan pembahasan secara analisis masalah-masalah purnblic relations di Indonesia. Demikian pula literatur danrnbuku-buku mengenai public relations mulai bermunculan dirnpasaran sekalipun jumlahnya relatif masih kecil, yang mernrupakan teqemahan maupun saduran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain