Buku ini telah meluas pnggunaannya terutama setelah (edisi keenam 1982 ini) penulis mengadakan perbaikan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman. Memang inti kurikulum itu terdiri atas kebutuhan manusia daLam masyarakat sekarang dan masa depan, seperti soal mencari nafkah, kewajiban warganegara, menjaga kesehatan, memperbaiki kehidupan kekeluargaa…
Isi dan uraian buku ini disajikan terutama bagi guru-guru sekolah lanjutan dan calon-calon guru science, tentu saja akan juga besar manfaatnya bagi guru-guru SD yang ingin membacanya. Mengingat ruang dan tempat yang sangat terbatas maka dengan sayang sekali uraian-uraian yang kami sajikan itu ditulis dalam serba singkat, oleh karena itu kami mempuny…
Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip dasar penilaian dalam pendidikan dengan cara memberikan contoh dan petunjuk praktis seperti pada penyusunan soal dan aplikasi teori validitas dan reliabilitas
Berbagai aspek yang dikaji dalam buku ini adalah implementasi pembelajaran, kurikulum, kompetensi, pengelolaan madrasah, akreditasi madrasah dan perluasan akses pendidikan.
Yang dimaksud dengan “ilmu pendidikan Islam’ bukanlah iImu pendidikan (khusus) agama Islam, melainkan ilmu pendidikan berdasarkan Islam atau menurut pandangan Islam. Tentu saja pendidikan agama di sini penting, tetapi bukan bidang satu-satunya. Bagaimanapun, menghasilkan orang yang beriman dan takwa merupakan tujuan pendidikan yang penting. Disa…
Tiga mainstream keilmuan pesantren (tauhid, fiqh dan tasawuf) sangat menganjurkan umat untuk berbuat kebajikan, kasih sayang, mengalah demi orang lain, membahagiakan orang lain, menolong dan bekerjasama, dan sedini mungkin menghindari konflik, konfrontasi, intrik, dan hal-hal destruktif lainnya. Dengan inilah Islam akan bisa diterima dimuka bumi sec…
Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan yang dijadikan objek kajian dalam buku ini adalah MAN Insan Cendikia Tangerang yang sejak awal pendiriannya didesain menjadi madrasah unggul, MAN I Bandung yang pernah dijadikan madrasah model dan madrasah keterampilan, dan MAN Darussalam Ciamis yang pernah dijadikan pilot project Madrašah Aliyah program khusus. …
Buku menjawab beberapa pertanyaan penting, yaitu apakah peningkatan kualitas yang dikembangkan lebih menitik beratkan pada input atau proses pembelajaran. Menyangkut masalah input pendidikan akan terbagi lagi apakah pada input siswa, kurilkulum, tenaga pengajar, sarana pendidikan, atau pada aspek lainya. Selama itu, ada beberapa pertanyaan khusus ya…
Buku ini merupakan rangkuman hasil-hasil penelitian tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama pada Sekolah Luar Biasa di Propinsi Kalimantan Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. Kegiatan penelitian dan penerbitan ini merupakan bagian dan tugas dan fungsi Balai Litbang Agama Semarang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (U PT) Badan Litbang dan Dikla…